Profil Komunitas Peduli Jilbab Berdasarkan Pemaknaan Logo dan Kegiatan-Kegiatanya
Logo dan Pemaknaanya
Logo Komunitas
Peduli Jilbab adalah gambar seorang perempuan yang menggunakan Jilbab bewarna ungu dengan
lingkaran dan tulisan @pedulihijab di dalamnya.
Gambar-gambar tersebut memiliki makna tersendiri, yaitu:
Gambar Perempuan berhijab
syari’:
Bermakna bahwa Komunitas Peduli Jilbab diisi
oleh wanita yang berkomitmen untuk mennghijab diri baik secara fisik dan hati.
Kerudung bewarna ungu:
Ungu melambangkan spiritualitas
yang harus dimiliki oleh setiap muslimah.
Logo lingkaran:
Bermakan Ukhwah ataupun semangat
persaudaraan.
Tulisan @PeduliJilbab:
Merupakan nama komunitas sekaligus
alamat Twitter Komunitas Peduli Jilbab. Dari tweeter inilah Komunitas
Peduli Jilbab memperkenalkan dirinya.
Sejarah Komunitas Peduli Hijab
Dengan adanya kesadaran bahwa seorang
muslimah haruslah menjaga dirinya dari perbuatan tercela, maka sangat penting
untuk menghijab diri. Hijab tidak hanya bermaksud untuk menjaga hati, tetapi
juga dibarengi dengan penghijaban fisik secara syar’i. Dengan komitmen
seperti itulah maka sejak 19 Mei 2012 secara resmi terbentuklah komunitas
Peduli Jilbab untuk pertama kalinya. Namun demikian embrio atau cikal bakalnya
telah tumbuh sejak 4 Mei 2011 saat Amalia Dian Ramadhini Founder Peduli
Jilbab ini mengikuti FIM (Forum
Indonesia Muda).
Disana Amalia bertemu dengan
seorang perempuan yang ingin berjilbab syar’i namun terhalang oleh dana.
Hatinyapun tergerak untuk membuat komunitas yang dapat membantu para muslimah
yang memiliki keinginan berjilbab tapi kekurangan dana.
Komunitas ini mengawali
pendekatanya dengan khalayak melalui akun twitter yaitu @pedulijilbab,
kemudian akun tersebut meminta ”reetweet” dari akun-akun ternama seperti
@felixsiauw, @asmanadia, dan @salimfillah untuk mempublikasikan adanya
komunitas Peduli Jilbab ini.
Hingga saat ini komunitas Peduli
Jilbab telah tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. dalam kegiatanya
Komunitas ini mempunyai empat divisi diantaranya Jilbab Share, Jilbab Wear,
Jilbab Care, dan Jilbab Creative. Setiap
divisi dalam Komunitass Jilbab mempunyai fungsi tertentu untuk melakukan kegiatan
komunitas.
Kegiatan Komunitas Peduli
Jilbab
Telah disinggung sebelumnya, bahwa
komunitas Peduli Jilbab mempunyai empat devisi yang bekerja sesuai tugas divisi
mansing-mansing. Nama divisi dan tugas-tugasnya adalah sebagai berikut;
a. Divisi Jilbab Share
Jilbab Share merupakan divisi yang
bertugas untuk melakukan sosialisasi tentang hijab di masyarakat luas.
Sosialisasi ini dapat dilakukan pada remaja yang sedang berada di bangku
sekolah, kalangan mahasiswa, maupun muslimah yang telah menikah. Banyak
kegiatan-kegiatan yang diakomodasi oleh devisi Jilbab Share, diantaranya
melakukan seminar, kegiatan sharing Hijab, dan lain-lain.
b. Divisi Jilbab Wear
Jilbab Wear dapat dikatakan
sebagai Biro Ekonomi dalam komunitas Peduli Jilbab, dimana tugasnya adalah
pencarian dana. Dana-dana yang telah dikumpulkan oleh devisi Jilbab Wear ini
kemudian dibelikan khimar ataupun jilbab syar’i yang nantinya
akan dibagikan kepada masyarkat umum yang membutuhkan.
c. Divisi Jilbab Care
Jilbab Care merupakan devisi yang
khusus membagikan jilbab secara Cuma-Cuma kepada masyarkat yang membutuhkanya.
Para muslimah yang membutuhkan jilbab dapat mengisi formulir melalui website
PeduliJilbab.com.
d. Divisi Jilbab Creative
Jilbab Creative merupakan divisi
yang memiliki tugas untuk memperluas jaringan komunitas melalui sosial media.
Beberapa sosial media yang digunakan secara massif oleh komunitas Peduli Jilbab
dalam memperlebar sayap komunitasnya adalah twetter dan facebook.
Artikel bagus,kunjungi balik kak
BalasHapus