Dasar-dasar Advertising : Media Iklan dan Perkembanganya Saat Ini


     Iklan merupakan penyampaian pesan menggunakan media-media secara sugestif untuk mengubah, menggerakkan tingkah laku atau minat masyarakat untuk melakukan sesuatu yang bersifat positif. Selain itu iklan juga dapat diartikan sebagai tindakan untuk mendapatkan perhatian umum guna mempromosikan suatu jenis barang atau jasa dengan cara membangkitkan keinginan pembeli guna memiliki atau memakai barang atau jasa tersebut.

thelyst.com

    Harus kita pahami, bahwa dalam periklanan segala hal dapat digunakan menjadi media. Sehingga kita dapat mengiklankan segala sesuatu dengan menggunakan media apapun, tidak terbatas dengan media-media maenstream yang biasa digunakan seperti iklan elektronik dan iklan cetak. Contoh-contoh yang membuktikan bahwa iklan dapat dikemas dalam berbagai bentuk media dan tampilan dapat kita lihat pada media-media alternatif periklanan yang dapat kitagunakan saat ini. Sebut saja, di Paris, Francis dikenal ada perikalnan yang menggunakan gantungan pakain sebagai media periklanan. Selain itu, tubuh manusia juga dapat menjadi media periklanan dengan menggunakan tato dan bergambar lambang suatu brand tertentu.

aimhigherafrica.com

   Perkembangan Media alternatif tersebut merupakan bagian dari Inspirasi-inspirasi dan pengkreativan dunia periklanan. Sehingga, iklan yang awalnya hanya terbatas pada segi-segi tertentu, akhirnya mengalami perkembangan. Bahkan tubuh manusia sendiri, saat ini telah menjadi media iklan bagi sebagian produk ataupun jasa untuk memperkenalkan produk ataupun jasanya ke ranah publik.

    Mempromosikansuatu produk menggunakan media tradisional juga dapat menginspirasi dengan media-media kontemporer. Contoh media kontemporer yang digunakan saat ini dalam menggunakan perikalanan adalah internet. Pada masa yang canggih, internet menjadi media yang diperhitungkan, bahkan mungkin untuk masa depan sekalipun, internet tetap digunakan.

spacecity.co.uk

Referensi:

Jewler, A. Jeremy dan Bonnie L. Drewniany. 2005. Creative Strategy In Advertising. Boston: Tomson Higher Education

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Pendekatan Memahami Teknologi : Perkembangan Teknologi Informasi dan Pola Interaksi Remaja Masa Kini

Mengunjungi Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dalam Memaknai Nasionalisme

PENGGOLONGAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI DAN SALURAN DAN MEDIA KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI