RESUME EFFECTIVE PUBLIC RELATIONS : Merancang dan Melaksanakan Kegiatan Kehumasan dengan Sukses
Kekuatan opini publik dengan mantap mendapatkan kekuatan di seluruh dunia karena komunikasi
massa telah meNjadi fenomena global. Pemerintah dan lembaga yang dahulu agak
terkucil dari sorotan perhatian media
dan penyelidikan sesama publik, kini menyaksikan bagiaman tindakan dan
perbuatan mereka tersebar dalam berita
internasional.
lynda.com
PERANG UNTUKMENDAPATKAN PERHATIAN
Komunikasi
Hubungan Masyarakat di lingkungan erat kaitanya dengan pesan. Tugas pertama
adalah memperoleh perhatian publik sasaran.
Tugas kedua adalah menstimulasi minat perhatian terhadap pesan, ketiga
membangun hasrat dan keinginan untuk menindaki pesan, tugas keempat adalah mengarahkan
tindakan dari mereka yang berlaku konsisten dengan isi pesan itu.
PENYEBARAN
INFORMASI VERSUS KOMUNIKASI
Proses memberi
informasi memperlukan empat langkah yaitu;
1. Menarik perhatian pada komunikasi
2. Mencapai penerimaan pesan
3. Ditafsirkan sebagaimana yang dimaksudkan
4. Menyimpan pesan untuk digunakan nanti
Unsur-unsur Model Komuniksasi
1. Pengirim
Karakteristik
sumber pesan berpengaruh terhadap penerimaan pesan awal oleh komunikan. Tetapi
efeknya kecil terhadap pesan jangkan panjang.
2. Pesan
Empat pendekatan
utama terhadap perolehan kerelaan melalui komunikasi, yaitu;
a. Strategi sanksi
Memakai
ganjaran atau hukuman yang dikendalikan oleh pengirim, oleh penrima, dan akibat
situasi.
b. Strategi Alturisme
mempersilakan penerima
untuk mematuhi sehingga membantu bagi pengirim atau pihak ketiga yang diwakili
pengirim.
c. Strategi Argument
(a) permintaan lansung,
dalam hal ini pengirim atau penerima tidak memberikan motivasi atau permintaan
alasan itu. (b) penjelasan, dalam hal ini pengirim memberi penerima satu alasan
untuk tunduk. (c) Petunjuk, yaitu pengirim membangun situasi atau memajukan
keadaan yang darinya penerima kehendaki.
d. Strategi pengelakan
menyampaikan
situasi, membrikan alasan yang keliru, atau memberikan ganjaran hukuman yang tidak
ada dalam wewenang pengirim.
3. Medium atau Saluran
Teknologi baru
dalam penyampaian pesan mengubah kebijaksanaan yang kovensional menjadi lebih
canggih. Sebagai contoh meluasnya penggunaan mesin faksimile pada tahun 1980
mengubah alur medium penggunaan pesan. Apalagi pada masa sekarang ini, media
banyak bertebaran di mana-mana sehingga mudah menyampaikan pesan melalului
media massa, internet, baleho, dan lain-lain.
4. Penerima
Gagasan tentang
penerima (Khalayak) yang monolitias dan pasif tidak menggambarkan kenyataan.
Justru deskripsi yang lebih tepat mengemukakan penerima aktif terpilih yang
akan memperoses pesan yang dirancang untuk sedikit orang, bukan massa.
5. Konteks
Hubungan
Komunikasi
terjadi dalam konteks hubungan komunikator. Cakupan hubungan seperti itu
melingkupi hubungan dekat dan akrab seperti dalam persahabatan dan perkawinan.
Selain itu juga terhadapat hubungan formal, kompetitif, dan pribadi. Semuanya
penuh konflik dengan latar belakamg yang berbeda-beda.
Semua
komunikasi yang bersifat hubungan mencerminkan empat dimensi dasar, yaitu;
- Bangkitnya emsosi, ketenangan, dan formalitas
- Keakraban dan kesamaan
- Kedekatan dan kegemaran
- Dominasi-submisi
6. Lingkungan Sosial
Komunikasi
mempengaruhi dan dipengaruhi oleh latar belakang sosial. Dengan demikian
komunikasi terjadi melalui proses terstruktur dalam sistem komponen dan
aktivitas yangs saling memiliki berkaitan. Sistem tersebut kemudian berevolusi.
Sistem sosial meliputi keluarga, kelompok, masyarakat, teman, patner,
kompetitor, keagamaan, dan hubungan-hubungan lainnya.
Efek-efek Proses
1. Menciptakan Persepsi Tentang Dunia di Sekitar Kita
Para ahli teori
zaman dahulu memasukan komunikasi massa dalam peran memberi tahu kita tentang peristiwa,
hal-hal, orang, dan tempat yang tidak bisa lansung kita alami sendiri. Walter
Lippmann mengutarakan cara terbaik sewaktu ia menuliskan “dunia di luar
gambaran kita”
2. Menetapkan Agenda
Teori
“Menetapkan Agenda” tentang efek komunikasi massa terbentuk oleh gagasan
Lippmann tentang dampak media tentang apa yang kita pikirkan dan yang kita pikir.
Perbedaan yang nencakup kognisi yaitu apa yang kita ketahui, sedangkan yang
kedua mengacu pada pendapat dan perasaan kita (Kecenderungan).
3. Penyebaran Informasi dan Inovasi
Lebih dari
sekedar menetapkan agenda issu. Penelitian dengan latar belakang menunjukan
bahwa komunikasi massa memfasilitasi interaksi dan perubahan sosial. Sebagai
contoh, ada orang yang memakai media massa untuk memperoleh informasi dari sumber-sumber
yang tidak menyerupai diri mereka. Sumber-sumber ini dapat dari latar belakang
sosial, ekonomi, dan pendidikan yang berlainan. Namun, dapat diakses melalui
media massa.
4. Mendefinisikan Dukungan Sosial
Teori Spiral of
Silence mengemukakan adanya fenomena yang diacu sebagai “Mayoritas diam”
individu-individu yang berpikir bahwa opini mereka bertentangan dengan opini
kebanyakan orang cendrung tinggal diam dalam menghadapi suatu isu. Pada suatu
ekstrim, bahkan ketika meskipun mayoritas setuju, tetapi secara perorangan
tidak mendapatkan dukungan sosial. Kediaman dan ketidak aktifan mereka dapat
melahirkan kesimpulan yang keliru bahwa tidak banyak dukungan untuk suatu
pandangan tertentu.
PUBLIK DAN OPINI MEREKA
leappakistan.com
1. Definisi Opini Publik
Gagasan umum
tentang opini publik adalah tetap sebagai agregasi pandangan individu belaka
terhadap beberapa isu. Tetapi pendekatan “kesepakatan individu” dalam
mendefinisikan opini publik kehilangan maksudnya bahwa sifatnya adalah publik.
2. Publik
Publik terbagi
atas empat, yaitu;
a. Publik semua isu aktif dalam semua isu
b. Publik apatis dan tidak memiliki keaktifan dalam isu
c. Publik isu hangat aktif dalam satu atau sejumlah isu
yang terbatas
d. Publik isu hangat aktif setelah media membongkar hampir
setiap orang dan isu tersebut menjadi topik percakapan sosial.
MEDIA DAN RELASI-RELASI SOSIAL
rfigroup.com
Teknologi
canggih telah mengubah cara memproduksi, mendistribusikan, memamerkan, dan
menyimpan komunikasi. Dan meskipun banyak orang yang menyadari realitas
tersebut, dan kemudian bereksperimen di komunikasi media baru. Hanya sedikit
yang tahu apa, kenapa, dan bagaimana aplikasi mereka dalam kehidupan
sehari-hari. Berikut sejumlah kesimpulan para ahli komunikasi mengenai dampak
dari teknologi;
1. Intranet dan internet membuat mungkin komunikasi dua
arah yang dulunya tidak mungkin
2. Lansekap media baru senantiasa berubah cepat dan akan
berlanjut terus untuk beberapa tahun ke depan.
3. Teknologi membuat mungkin mendistribusikan dan mendapatkan
semakin banyak data dan informasi dari sebelumnya.
MEDIA UNTUK PUBLIK INTERNAL
edkentmedia.com
Yaitu media yang
digunakan untuk hubungan dalam organisasi maupun perusahan dalam tingkatan
pengurusan hingga karyawan. Dalam hal ini tugas humas adalah;
1. Nilai pemahaman, kerja tim, dan komitment.
2. Kebutuhan untuk membangun kerja jaringan komunikasi.
KATA-KATA YANG TERCETAK
1. Publikasi organisasi
2. Surat
3.Sisispan dan lampiran
3. Papan Buletin
KATA-KATA YANG DIUCAPKAN
1. Selentingan
2. Rapat
3. Biro pidato dan pembicara
GAMBAR DAN KATA
1. Teleconferenciong
2. Closed Circuit Television (CCTV)
3. Vidio, Film,dan Persentasi dengan slide
4.Display dan Exhibit
4. Koran, majalah,
radio, televisi
5. dll
BEKERJA DENGAN MEDIA
cvsbwf.org
1. Orang di tengah
Untuk menjadi
efektif dalam peran perantara dan menengahi, praktisi harus memiliki kepercayaan
dari oragnisasi mereka maupun media. Ini bukan tugas yang mudah, CEO dan para
manejer lini lainya secara alamiah mencurigai media, sedangkan jurnalis senang
bertanya tentang keburukan dari organisasi.
2. Pedoman Untuk Relasi Media yang Baik
a. Sampaikan dengan jujur
b. Berikan layanan
c. Jangan Mengemis atau mengomel
d. Jangan mencari mangsa
e. Jangan membanjiri media
3. Pedoman untuk bekerja dengan Pers
a. bicara dari sudut pandang kepentingan publik, bukan
organisasi.
b. Buatlah berita ini mudah dibaca dan dipakai
c. Nyatakan fakta paling penting di awal
d. Jangan berdebat dengan reporter atau kehilangan
ketenangan anda
e. Sampaikan kebenaran hingga sulit untuk diutarakan
sekalipun
f. Jangan menyelenggarakan konfersi pers secara semuanya
sendiri
Komentar
Posting Komentar