Mengunjungi Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dalam Memaknai Nasionalisme

A. Latar Belakang

   Manusia tidak akan pernah terlupakan dari sejarah. Setiap hal apaun di dunia ini memiliki sejarahnya mansing-mansing. Baik itu berlatarkan individu, soseciety, budaya, negara, agama, mapun dunia sekalipun. Salah satu yang harus kita pahami mengenai sejarah adalah, awal berdirinya bangsa ini pada masa lampau. Namun, sepertinya tidak mungkin bagi kita untuk kembali pada masa puluhan tahun silam, bahkan hingga berabad-abad lalu untuk melihat sejarah. Karena itu, keabadian sejarah patut untuk dipertahankan keberadaanya.

kepeleset.com

   Salah satu tempat yang tepat dalam melakukan pengabadian sejarah adalah Museum. Museum sebagai tempat peninggalan sejarah akan mengingatkan kita pada pejuangan pahlawan masa lampau dan menguatkan diri untuk mengisi kemerdekaan Indonesia yang telah berlansung selama 70 tahun. Secara tidak lansung, dapat dikatakan museum meningkatkan jiwa nasionalisme pada generasi sebelumnya dengan fakta-fakta sejarah.

   Salah satu Museum yang ada di Indonesia adalah Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Museum tersebut turut menjaga butiran-butiran kenangan bangsa ini. Untuk memanfaatkan apa yang telah ada di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, maka penting bagi kita generasi muda untuk mengunjunginya.

B. Tujuan Kunjungan

    Tujuan utama dengan melakukan kunjungan ke Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta adalah untuk meningkatkan jiwa nasionalisme. Di sana, banyak terdapat peninggangalan-peninggalan sejarah tetang kemerdekaan. Sebagai contoh pakaian perang yang digunakan, meriam, serta gambar-gambar pejuang kemerdekaan Republik Indonesia.

    Selain itu, di dalam museum juga terdapat diorama-diorama yang menggambarkan bagaimana suasana Indoensia pada masala lampau. Sebagai contoh, gambaran tentang pembentukan Muhammadiyah sebagai organisasi Islam yang bergerak di bidang pendidikan. Pemamcar radio di Yogyakarta juga dibuat dalam diorama sehingga mengingatkan kita tentang suasa lampau pra merdeka.

C. Manfaat Kunjungan

    Manfaat dari kunjungan ke Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta adalah pemukalah mengetahui tentang sejarah kemerdekaan dan mepertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu, di sana terdapat banyak sekali hiburan-hiburan yang menarik. Salah satu hiburan yang menarik hati pemukalah adalah pemutaran filmn yang kental akan jiwa nasionalisme di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

   Pemutaran Film tersebut dilaksanakan satu tahun sekali. Tujuan pemutaran Film tersebut untuk menambah minat pengunjung yang berada di daerah Yogyakarta dan sekitarnya. Pemutaran Film ini menyasar pada segmen anak-anak yang nantinya diharapkan memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi.
D. Lokasi Kunjungan

    Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta berada di daerah Yogyakarta di dekat Malioboro. Tepatnya di Jl. Jend. A. Yani No 6 Yogyakarta

Kunjungan ke Museum Benteng Vredebrug Yogyakarta


idetrips.com

A.Pelaksanaan Kegiatan Kunjungan

   Pemukalah mengadakan kunjungan ke Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta pada hari Sabtu, 26 November 2016. Saat itu cuaca sedang sangat mendukung untuk melakukan kunjungan. Ada banyak orang yang sedang mengadakan kunjungan ke Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dikarenakan hari memang sedang libur.

B. Lokasi

    Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta berada di daerah Yogyakarta di dekat Malioboro. Tepatnya di Jl. Jend. A. Yani No 6 Yogyakarta.

C. Museum dan Nasionalisme

kebudayaan.kemdikbud.go.id

    Kehadiran Museum sangat erat kaitanya dengan asejarah. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya peninggalan-peninggalan sejarah yang disimpan di museum. Barang-barang peninggalan sejarah tersebut pada akhirnya akan dillihat oleh generasi-generasi sepanjang masa. Dari masa-kemasa, hingga generasi satu ke generasi berikutnya, museum akan turut menjaga zaman. Ia akan berkembang seiring zaman dan terus menjalin hubungan dengan negara sebagai perantara sejarah.

  Museum tidaklah dapat kita pahami sebagai tempat wisata semata. Ataupun tempat kita menekuri masa lalu, tentang penjajahan, kepahlawanan, patriotisme, semangat nasionalisme. Lebih dari itu, museum juga berperan sebagai media menatap masa depan bangsa. Hal tersebut pemukalah pahami dari kehadiran museum yang menjadi penyemangat generasi muda untuk memperjuangkan bangsanya dari penjajahan. Baik itu secara fisik maupun secara mental. Hal ini erat kaitanya jika dihubungkan dengan penjajahan model kontemporer.

 Dengan kehadiram Museumlah, pemuda akan memiliki jiwa yang gigih. Tahan banting dan tidak akan mudah menyerah dalam posisi apapun. Mereka akan tetap semangat mempertahankan Bangsa Indonesia sampai titik darah penghabisan.

   Pada akhirnya museumlah yang mencerminkan kepribadian bangsa. Museumlah benang merah sejarah. Museumlah sebagai penyambung halaman-halaman buram yang hampir dilupakan. Dan yang terpenting, museumlah jejak perjalanan bangsa.



Kesimpulan dan Rekomendasi

wisatakotapelajar.blogspot.com

A. Kesimpulan

    Museum bukan hanya sebagai tempat peninggalan barang-barang sejarah. Banyak hal yang dapat kita pelajari dari museum selain hal tersebut, seperti semangat nasionalisme, patriotisme, hiburan, dan lain-lain.

    Kehadiran museum harus dipertahankan, salah satunya Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta berada di daerah Yogyakarta di dekat Malioboro. Tepatnya di Jl. Jend. A. Yani No 6 Yogyakarta. Penting bagi kita menjaga museum sebagai rekam jejak sejarah.

B. Rekomendasi

  • Lakukan segal tugas dengan semangat, jujur, dan cepat.
  • Jadikan museum sebagai langkah untuk mengetahui masa lalu dan merenungi masa depan. Dengan ini akan mudah bagi kita untuk merencanakan pembangunan kemanusian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGGOLONGAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI DAN SALURAN DAN MEDIA KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

3 Pendekatan Memahami Teknologi : Perkembangan Teknologi Informasi dan Pola Interaksi Remaja Masa Kini

Fungsi dan Kedudukan Hadis dalam Al-Qur'an