Profil Komunitas Peduli Jilbab Berdasarkan Pemaknaan Logo dan Kegiatan-Kegiatanya




Logo dan Pemaknaanya




   Logo Komunitas Peduli Jilbab adalah gambar seorang perempuan yang  menggunakan Jilbab bewarna ungu dengan lingkaran dan tulisan @pedulihijab di dalamnya.
Gambar-gambar tersebut memiliki makna tersendiri, yaitu:

Gambar Perempuan berhijab syari’:

     Bermakna bahwa Komunitas Peduli Jilbab diisi oleh wanita yang berkomitmen untuk mennghijab diri baik secara fisik dan hati.

Kerudung bewarna ungu:

   Ungu melambangkan spiritualitas yang harus dimiliki oleh setiap muslimah.

Logo lingkaran:

  Bermakan Ukhwah ataupun semangat persaudaraan.
Tulisan @PeduliJilbab:
   Merupakan nama komunitas sekaligus alamat Twitter Komunitas Peduli Jilbab. Dari tweeter inilah Komunitas Peduli Jilbab memperkenalkan dirinya.

Sejarah Komunitas Peduli Hijab

   Dengan adanya kesadaran bahwa seorang muslimah haruslah menjaga dirinya dari perbuatan tercela, maka sangat penting untuk menghijab diri. Hijab tidak hanya bermaksud untuk menjaga hati, tetapi juga dibarengi dengan penghijaban fisik secara syar’i. Dengan komitmen seperti itulah maka sejak 19 Mei 2012 secara resmi terbentuklah komunitas Peduli Jilbab untuk pertama kalinya. Namun demikian embrio atau cikal bakalnya telah tumbuh sejak 4 Mei 2011 saat Amalia Dian Ramadhini Founder Peduli Jilbab  ini mengikuti FIM (Forum Indonesia Muda).
    Disana Amalia bertemu dengan seorang perempuan yang ingin berjilbab syar’i namun terhalang oleh dana. Hatinyapun tergerak untuk membuat komunitas yang dapat membantu para muslimah yang memiliki keinginan berjilbab tapi kekurangan dana.
    Komunitas ini mengawali pendekatanya dengan khalayak melalui akun twitter yaitu @pedulijilbab, kemudian akun tersebut meminta ”reetweet” dari akun-akun ternama seperti @felixsiauw, @asmanadia, dan @salimfillah untuk mempublikasikan adanya komunitas Peduli Jilbab ini.
   Hingga saat ini komunitas Peduli Jilbab telah tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. dalam kegiatanya Komunitas ini mempunyai empat divisi diantaranya Jilbab Share, Jilbab Wear, Jilbab Care, dan Jilbab Creative.  Setiap divisi dalam Komunitass Jilbab mempunyai fungsi tertentu untuk melakukan kegiatan komunitas.

Kegiatan Komunitas Peduli Jilbab

   Telah disinggung sebelumnya, bahwa komunitas Peduli Jilbab mempunyai empat devisi yang bekerja sesuai tugas divisi mansing-mansing. Nama divisi dan tugas-tugasnya adalah sebagai berikut;

a. Divisi Jilbab Share
   Jilbab Share merupakan divisi yang bertugas untuk melakukan sosialisasi tentang hijab di masyarakat luas. Sosialisasi ini dapat dilakukan pada remaja yang sedang berada di bangku sekolah, kalangan mahasiswa, maupun muslimah yang telah menikah. Banyak kegiatan-kegiatan yang diakomodasi oleh devisi Jilbab Share, diantaranya melakukan seminar, kegiatan sharing Hijab, dan lain-lain.

b. Divisi Jilbab Wear
   Jilbab Wear dapat dikatakan sebagai Biro Ekonomi dalam komunitas Peduli Jilbab, dimana tugasnya adalah pencarian dana. Dana-dana yang telah dikumpulkan oleh devisi Jilbab Wear ini kemudian dibelikan khimar ataupun jilbab syar’i yang nantinya akan dibagikan kepada masyarkat umum yang membutuhkan.

c. Divisi Jilbab Care
    Jilbab Care merupakan devisi yang khusus membagikan jilbab secara Cuma-Cuma kepada masyarkat yang membutuhkanya. Para muslimah yang membutuhkan jilbab dapat mengisi formulir melalui website PeduliJilbab.com.

d. Divisi Jilbab Creative
   Jilbab Creative merupakan divisi yang memiliki tugas untuk memperluas jaringan komunitas melalui sosial media. Beberapa sosial media yang digunakan secara massif oleh komunitas Peduli Jilbab dalam memperlebar sayap komunitasnya adalah twetter dan facebook.
  



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGGOLONGAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI DAN SALURAN DAN MEDIA KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

3 Pendekatan Memahami Teknologi : Perkembangan Teknologi Informasi dan Pola Interaksi Remaja Masa Kini

Fungsi dan Kedudukan Hadis dalam Al-Qur'an