RESUME EFFECTIVE PUBLIC RELATIONS : Merancang dan Melaksanakan Kegiatan Kehumasan dengan Sukses


    Kekuatan opini publik dengan mantap mendapatkan kekuatan di seluruh dunia karena komunikasi massa telah meNjadi fenomena global. Pemerintah dan lembaga yang dahulu agak terkucil dari sorotan perhatian  media dan penyelidikan sesama publik, kini menyaksikan bagiaman tindakan dan perbuatan   mereka tersebar dalam berita internasional.

lynda.com

PERANG UNTUKMENDAPATKAN PERHATIAN

   Komunikasi Hubungan Masyarakat di lingkungan erat kaitanya dengan pesan. Tugas pertama adalah memperoleh perhatian publik sasaran.  Tugas kedua adalah menstimulasi minat perhatian terhadap pesan, ketiga membangun hasrat dan keinginan untuk menindaki pesan, tugas keempat adalah mengarahkan tindakan dari mereka yang berlaku konsisten dengan isi pesan itu.

 PENYEBARAN INFORMASI VERSUS KOMUNIKASI

     Proses memberi informasi memperlukan empat langkah yaitu;
1. Menarik perhatian pada komunikasi
2. Mencapai penerimaan pesan
3. Ditafsirkan sebagaimana yang dimaksudkan
4. Menyimpan pesan untuk digunakan nanti

Unsur-unsur Model Komuniksasi

1. Pengirim
   Karakteristik sumber pesan berpengaruh terhadap penerimaan pesan awal oleh komunikan. Tetapi efeknya kecil terhadap pesan jangkan panjang.

2. Pesan
   Empat pendekatan utama terhadap perolehan kerelaan melalui komunikasi, yaitu;

a. Strategi sanksi
    Memakai ganjaran atau hukuman yang dikendalikan oleh pengirim, oleh penrima, dan akibat situasi.

b. Strategi Alturisme
   mempersilakan penerima untuk mematuhi sehingga membantu bagi pengirim atau pihak ketiga yang diwakili pengirim.

c. Strategi Argument
    (a) permintaan lansung, dalam hal ini pengirim atau penerima tidak memberikan motivasi atau permintaan alasan itu. (b) penjelasan, dalam hal ini pengirim memberi penerima satu alasan untuk tunduk. (c) Petunjuk, yaitu pengirim membangun situasi atau memajukan keadaan yang darinya penerima kehendaki.

d. Strategi pengelakan
    menyampaikan situasi, membrikan alasan yang keliru, atau memberikan ganjaran hukuman yang tidak ada dalam wewenang pengirim.

3. Medium atau Saluran
    Teknologi baru dalam penyampaian pesan mengubah kebijaksanaan yang kovensional menjadi lebih canggih. Sebagai contoh meluasnya penggunaan mesin faksimile pada tahun 1980 mengubah alur medium penggunaan pesan. Apalagi pada masa sekarang ini, media banyak bertebaran di mana-mana sehingga mudah menyampaikan pesan melalului media massa, internet, baleho, dan lain-lain.

4. Penerima
   Gagasan tentang penerima (Khalayak) yang monolitias dan pasif tidak menggambarkan kenyataan. Justru deskripsi yang lebih tepat mengemukakan penerima aktif terpilih yang akan memperoses pesan yang dirancang untuk sedikit orang, bukan massa.

    5. Konteks Hubungan
    Komunikasi terjadi dalam konteks hubungan komunikator. Cakupan hubungan seperti itu melingkupi hubungan dekat dan akrab seperti dalam persahabatan dan perkawinan. Selain itu juga terhadapat hubungan formal, kompetitif, dan pribadi. Semuanya penuh konflik dengan latar belakamg yang berbeda-beda.

    Semua komunikasi yang bersifat hubungan mencerminkan empat dimensi dasar, yaitu;
- Bangkitnya emsosi, ketenangan, dan formalitas
- Keakraban dan kesamaan
- Kedekatan dan kegemaran
- Dominasi-submisi

6. Lingkungan Sosial
    Komunikasi mempengaruhi dan dipengaruhi oleh latar belakang sosial. Dengan demikian komunikasi terjadi melalui proses terstruktur dalam sistem komponen dan aktivitas yangs saling memiliki berkaitan. Sistem tersebut kemudian berevolusi. Sistem sosial meliputi keluarga, kelompok, masyarakat, teman, patner, kompetitor, keagamaan, dan hubungan-hubungan lainnya.
Efek-efek Proses

1. Menciptakan Persepsi Tentang Dunia di Sekitar Kita
   Para ahli teori zaman dahulu memasukan komunikasi massa dalam peran memberi tahu kita tentang peristiwa, hal-hal, orang, dan tempat yang tidak bisa lansung kita alami sendiri. Walter Lippmann mengutarakan cara terbaik sewaktu ia menuliskan “dunia di luar gambaran kita”

2. Menetapkan Agenda
    Teori “Menetapkan Agenda” tentang efek komunikasi massa terbentuk oleh gagasan Lippmann tentang dampak media tentang apa yang kita pikirkan dan yang kita pikir. Perbedaan yang nencakup kognisi yaitu apa yang kita ketahui, sedangkan yang kedua mengacu pada pendapat dan perasaan kita (Kecenderungan).

3. Penyebaran Informasi dan Inovasi
    Lebih dari sekedar menetapkan agenda issu. Penelitian dengan latar belakang menunjukan bahwa komunikasi massa memfasilitasi interaksi dan perubahan sosial. Sebagai contoh, ada orang yang memakai media massa untuk memperoleh informasi dari sumber-sumber yang tidak menyerupai diri mereka. Sumber-sumber ini dapat dari latar belakang sosial, ekonomi, dan pendidikan yang berlainan. Namun, dapat diakses melalui media massa.

4. Mendefinisikan Dukungan Sosial
   Teori Spiral of Silence mengemukakan adanya fenomena yang diacu sebagai “Mayoritas diam” individu-individu yang berpikir bahwa opini mereka bertentangan dengan opini kebanyakan orang cendrung tinggal diam dalam menghadapi suatu isu. Pada suatu ekstrim, bahkan ketika meskipun mayoritas setuju, tetapi secara perorangan tidak mendapatkan dukungan sosial. Kediaman dan ketidak aktifan mereka dapat melahirkan kesimpulan yang keliru bahwa tidak banyak dukungan untuk suatu pandangan tertentu.

PUBLIK DAN OPINI MEREKA

leappakistan.com

1. Definisi Opini Publik
    Gagasan umum tentang opini publik adalah tetap sebagai agregasi pandangan individu belaka terhadap beberapa isu. Tetapi pendekatan “kesepakatan individu” dalam mendefinisikan opini publik kehilangan maksudnya bahwa sifatnya adalah publik.

2. Publik
   Publik terbagi atas empat, yaitu;
a. Publik semua isu aktif dalam semua isu
b. Publik apatis dan tidak memiliki keaktifan dalam isu
c. Publik isu hangat aktif dalam satu atau sejumlah isu yang terbatas
d. Publik isu hangat aktif setelah media membongkar hampir setiap orang dan isu tersebut menjadi topik percakapan sosial.


MEDIA DAN RELASI-RELASI SOSIAL



 rfigroup.com
  Teknologi canggih telah mengubah cara memproduksi, mendistribusikan, memamerkan, dan menyimpan komunikasi. Dan meskipun banyak orang yang menyadari realitas tersebut, dan kemudian bereksperimen di komunikasi media baru. Hanya sedikit yang tahu apa, kenapa, dan bagaimana aplikasi mereka dalam kehidupan sehari-hari. Berikut sejumlah kesimpulan para ahli komunikasi mengenai dampak dari teknologi;

1. Intranet dan internet membuat mungkin komunikasi dua arah yang dulunya tidak mungkin
2. Lansekap media baru senantiasa berubah cepat dan akan berlanjut terus untuk beberapa tahun ke depan.
3. Teknologi membuat mungkin mendistribusikan dan mendapatkan semakin banyak data dan informasi dari sebelumnya.

MEDIA UNTUK PUBLIK INTERNAL

edkentmedia.com

   Yaitu media yang digunakan untuk hubungan dalam organisasi maupun perusahan dalam tingkatan pengurusan hingga karyawan. Dalam hal ini tugas humas adalah;
1. Nilai pemahaman, kerja tim, dan komitment.
2. Kebutuhan untuk membangun kerja jaringan komunikasi.

KATA-KATA YANG TERCETAK

1. Publikasi organisasi
2. Surat
3.Sisispan dan lampiran
3. Papan Buletin

KATA-KATA YANG DIUCAPKAN

1. Selentingan
2. Rapat
3. Biro pidato dan pembicara
GAMBAR DAN KATA
1. Teleconferenciong
2. Closed Circuit Television (CCTV)
3. Vidio, Film,dan Persentasi dengan slide
4.Display dan Exhibit
4.  Koran, majalah, radio, televisi
5. dll

BEKERJA DENGAN MEDIA

cvsbwf.org

1. Orang di tengah
    Untuk menjadi efektif dalam peran perantara dan menengahi, praktisi harus memiliki kepercayaan dari oragnisasi mereka maupun media. Ini bukan tugas yang mudah, CEO dan para manejer lini lainya secara alamiah mencurigai media, sedangkan jurnalis senang bertanya tentang keburukan dari organisasi.

2. Pedoman Untuk Relasi Media yang Baik
a. Sampaikan dengan jujur
b. Berikan layanan
c. Jangan Mengemis atau mengomel
d. Jangan mencari mangsa
e. Jangan membanjiri media
3. Pedoman untuk bekerja dengan Pers
a. bicara dari sudut pandang kepentingan publik, bukan organisasi.
b. Buatlah berita ini mudah dibaca dan dipakai
c. Nyatakan fakta paling penting di awal
d. Jangan berdebat dengan reporter atau kehilangan ketenangan anda
e. Sampaikan kebenaran hingga sulit untuk diutarakan sekalipun
f. Jangan menyelenggarakan konfersi pers secara semuanya sendiri

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGGOLONGAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI DAN SALURAN DAN MEDIA KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

3 Pendekatan Memahami Teknologi : Perkembangan Teknologi Informasi dan Pola Interaksi Remaja Masa Kini

Fungsi dan Kedudukan Hadis dalam Al-Qur'an