Hartono, Sosok Abdi Dalem Youtuber

Oleh: Azizah

Siapa sangka seorang abdi dalem muda yang bertugas memimpin doa ziarah rupanya juga seorang pemusik. Muhammad Hartono yang merupakan pecinta musik Keroncong ini bahkan memiliki channel Youtube. Baginya, menjadi abdi dalem bukan batasan untuk mengembangkan hobi di dunia musik. Menurutnya juga, menjadi abdi dalem adalah bagian dari kontribusinya dalam melestarikan budaya dan menjadi teladan bagi generasi milenial. Melalui channel Youtube, ia ingin menyampaikan keseharian sebagai abdi dalem dan pemusik.



Bagaimana awalnya Mas Hartono bisa menjadi abdi dalem?

ytimg.com

Belum lama ini hati saya baru terketuk untuk menjadi abdi dalem, baru tahun 2013 lalu. Padahal orangtua sudah menyarankan sejak dahulu agar saya meneruskan untuk menjadi abdi dalem seperti Si mbah. Karena keluarga saya menempati Sultan Ground atau disebut tanah Magersari, maka kuncinya untuk tetap diberi hak tinggal adalah dengan mengabdi ke Keraton. Sehingga turun temurun keluarga kami menjadi abdi dalem.

Seperti apa proses yang dilalui sebelum diangkat menjabat?

Saya melalui proses magang yang lumayan cepat. Sejak tahun 2013 itu magang hingga tahun 2016 lalu diwisuda dan diangkat menjadi Mas Bekel. Padahal beberapa orang magang hingga sepuluh tahun untuk menjadi abdi dalem. Hal ini karena suatu ketika saat ada acara di Makam Hasta Rengga, saya yang pada saat itu masih berada di posisi magang memberanikan diri untuk memimpin doa. Saat itu disaksikan oleh Kanjeng yang merupakan Pengageng di Kotagede. Lalu beliau memerintahkan saya agar segera diwisuda dan diangkat menjadi Mas Bekel. Kemudian ditugaskan untuk Petilasan Pasareyan di Mataram dan Hasta Rengga yang letaknya juga tidak jauh dari Mataram.

Selain bertugas menjadi abdi dalem apakah ada kegiatan lain? Seperti hobi atau pekerjaan lain?

Saya sendiri sebetulnya musisi, saya suka bermain gitar dan bernyanyi. Genre musik saya adalah Keroncong dan Akustik. Sejak kecil saya sudah dibiasakan mendengar musik Keroncong. Hingga jatuh cintalah saya kepada musik keroncong dan ingin bisa memainkan alatnya maupun menguasai vokalnya. Saya pernah membaca sebuah buku yang menuliskan fakta bahwa musik Keroncong adalah asli Indonesia, hanya alatnya saja yang berasal dari Portugis. Maka saya lebih jatuh cinta lagi dengan musik tersebut.

Mas Hartono sendiri, kan, ada channel Youtube, nah, isinya sendiri berupa apa? Apakah kegiatan menjadi abdi dalem atau kegiatan bermusik?

Nah, saya berencana untuk membagikan kegiatan sehari-hari menjadi abdi dalem dan juga saat saya manggung. Saya ingin anak-anak muda Jogja lebih memahami bagaimana, sih, sosok abdi dalem yang sesungguhnya. Selain itu juga agar filosofi mengenai atribut yang dipakai abdi dalem dan lain sebagainya tersampaikan. Tentunya dengan konten yang dikemas secara ringan, agar para generasi muda juga lebih tertarik untuk menonton. Rencananya, untuk rilis video kegiatan abdi dalem akan dilakukan bulan Januari 2019. Untuk saat ini channel masih didominasi kegiatan saya bermusik.

Adakah pesan berkaitan dengan generasi muda saat ini terkait pelestarian budaya dan seni?

Sebagai generasi muda, alangkah baiknya untuk lebih banyak berkontribusi melestarikan budaya yang dimiliki. Jika bukan generasi muda, siapa yang akan meneruskan agar sampai kepada anak cucu nantinya. Jangan sampai kebudayaan kita punah, bagaimanapun bentuknya, kontribusi yang dilakukan setidaknya agar tidak kehilangan identitas sebagai orang Jogja. Istilahnya, ya, “Wong Jowo kelangan Jawane,” jangan sampai seperti itu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGGOLONGAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI DAN SALURAN DAN MEDIA KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

3 Pendekatan Memahami Teknologi : Perkembangan Teknologi Informasi dan Pola Interaksi Remaja Masa Kini

Fungsi dan Kedudukan Hadis dalam Al-Qur'an